Kamis, 19 Desember 2013

PENGARUH TEKNOLOGI INFORMATIKA TERHADAP PERUSAHAAN (SAP)


PENGARUH TEKNOLOGI INFORMATIKA
TERHADAP PERUSAHAAN (SAP)
logo UTAMA baru(System Aplication and Product)









DISUSUN OLEH
                                       NAMA                       : LUTHFI BUDIYANTO
                                       NPM                           : 12560027
                                       PROGRAM STUDI : TEKNIK INFORMATIKA (S1)

FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS TAMA JAGAKARSA
JAKARTA
2012


KATA PENGATAR

            Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allag SWT yang telah memberikan kita Rahmat, Karunia, Hidayah serta Inayyahnya sehingga saya dapat menyelesai kan makalah ini yang berjudul “ Pengaruh Teknologi Informatika Terhadap Perusahaan ( SAP ) “
            Dalam makalah ini saya sudah berusaha memaparkan dalam bentuk yang sangat sederhana, ringkas, dan jelas serta mudah untuk di pahami, namun saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna karena pengalaman yang saya miliki masih kurang, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan makalah ini, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi dari makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik lagi.
            Harapan saya semoga makalah ini dapat di manfaatkan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembacanya.
            Akhir kata, saya sampaikan terima kasih terhadap semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga allah SWT dapat me ridhoi segala usaha kita.

                                                                                                            Jakarta, 29 Oktober 2013


                                                                                                               ( Luthfi Budiyanto )



DAFTAR ISI
                                                                                                                          Halaman
JUDUL ........................................................................................................................  1
KATA PENGANTAR.................................................................................................  2
DAFTAR ISI...............................................................................................................  3
 PEMBAHASAN................................................................................................. ....... 4
  1.  Tentang Teknologi Informatika yang dimanfaatkan pada perusahaan........... 4
B.   Contoh Aplikasi Teknologi Informatika......................................................... 5
C.  Contoh Perusahaan Yang Memanfaatkan Teknologi Informatika ................. 6
a.    Pengertian SAP ( System Application and Product in data processing)...... 6
KESIMPULAN.......................................................................................................... 23
DAFTAR PUSTAKA................................................................................................ 25











PEMBAHASAN

A.    Tentang Teknologi Informatika yang dimanfaatkan pada perusahaan
Kehadiran dan perkembangan teknogi informatika banyak dimanfaatkan dan telah merubah perekonomian dunia dari ekonomi industri menuju ekonomi informatika. Perkembangan sistem informasi tersebut perlu didukung banyak faktor yang diharapkan dapat memberikan kesuksesan bagi sistem informasi itu sendiri yang tercermin dari kepuasan User sebagai pengguna pada perusahaan tersebut.
Sistem informasi adalah salah satu cara agar perusahaan dapat memberikan keunggulan yang kompetitif atau kemampuan sebuah perusahaan untuk memformulasikan suatu posisi yang dapat menguntungkan berkaitan dengan perusahaan lain, keunggulan kompetitif itu muncul ketika pelanggan merasa menerima nilai lebih dari perusahaan lainnya.
Sistem informasi juga tidak hanya  sebagai alat pengolahan data melainkan digunakan untuk mengetahui lebih cepat timbulnya permasalahan pada suatu sistem kerja atau prosedur kerja pada perusahaan tersebut. Para User atau pengguna sitem informasi juga percaya teknologi informasi telah menyebabkan informasi berlangsung efisien hingga meningkatkan produktifitas pada suatu perusahaan dan individu. Dalam pemanfaatan Teknologi informasi juga dapat mengubah cara kerja manusia, cara produksi, cara mengkoordinasi, cara pikir dan perubahan – perubahan besar.
Pembangunan teknologi informasi perusahaan dilakukan secara bertahap sebelum sebuah sistem dibuat atau di selesai kan perancangannya. Dalam penerapannya rencana strategis teknologi informatika senantiasa di selaraskan dengan rencana perusahaan, agar setiap penerapan teknologi informasi dapat memberikan nilai yang efisien dan tepat pada perencanaan yang di inginkan perusahaan.

  1. Contoh Aplikasi Teknologi Informatika
Beberapa Contoh aplikasi teknologi informasi yang menjadi landasan dari berbagai aplikasi lain yang ada didalam perusahaan, yaitu :
-          Sistem Operasi
-          Basis Data
-          Network Management
-          dll.
Kadang beberapa perusahaan memandang departemen teknologi informatika sebelah mata, karena menurut mereka merupakan departemen yang hanya bisa menghabiskan uang tanpa harus menghasilkan uang, hal inilah yang kadang menjadi problematika tersendiri bagi departemen teknologi informatika di perusahaan. Maka peran teknologi informatika dalam menunjang proses di perusahaan tersebut, memang belum banyak alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur seberapa besar teknologi informatika berperan atau ikut adil dalam memajukan sebuah perusahaan.
           
Penerapan dari teknologi informasi dan komunikasi antara lain dalam perusahaan yaitu proses data dan yang akan dibahas disini adalah penerapan teknologi informatika dan komunikasi dalam perusahaan. Karena hampir semua perusahaan menerapkan teknologi informatika dan sudah menjadikan sebagai kebutuhan efisien waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usahaperlu menerap kan teknologi informasi dalam lingkungan perusahaan.


  1. Contoh Perusahaan Yang Memanfaatkan Teknologi Informatika
            Contoh salah satu sistem teknologi informatika yang diterapkan pada perusahaan Frisian Flag Indonesia yang salah satu personil atau karyawannya saya sendiri, salah satu teknologi informatika yang digunakan yaitu “ SAP” (System Application and Product in data processing).
b.      Pengertian SAP ( System Application and Product in data processing )
            SAP ( System Application and Product in data processing ) adalah suatu software yang dikembangkan untuk mendukung suatu organisasi dalam menjalankan kegiatan operasionalnya secara lebih efisien dan efektif. SAP juga merupakan software Enterprice Resources Planning ( ERP ), yaitu suatu tools teknologi informatika dan Management untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan berbagai aktifitas sehari-hari.
            SAP terdiri dari sejumlah modul aplikasi yang mempunyai kemampuan mendukung semua transaksi yang perlu dilakukan suatu perusahaan dan tiap aplikasi bekerja secara berkaitan satu dengan yang lainnya. Semua modul aplikasi di SAP dapat bekerja secara terintegrasi / terhubung antara satu dengan yang lainnya.
            Pada perusahaan ini SAP digunakan untuk Transaksi atau Process untuk kebutuhan perusahaan ( Material ). Process tersebut misalkan :
-          Kedatangan Material
-          Pembagian ( Break ) Material
-          Penerimaan Material
-          Transit Material
-          Konsum Material.
Dahulu sebelum adanya SAP ini semua Transaksi atau process data material masih menggunakan Manual atau tertulis. Sehingga membutuhkan waktu yang banyak serta tempat data yang lebih besar bahkan pada saat data tersebut dibutuh kan atau di liahat lagi,  prosess pencariannya pun sangat sulit dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menemukan data tersebut.
Salah satu contoh, setiap Material yang datang semua material harus di data dan mempunyai lebel atau kode pada material tersebut, itu pun membutuhkan waktu berhari-hari,sehingga perusahaan kami harus memiliki tempat material / Gudang yang sangat luas. setelah semua sudah terdata maka semua data harus di transit untuk berbagai departement untuk di konsum, pada saat mengkonsum juga kami harus mendata material yg di konsum atau di gunakan. Suatu hari perusahaan kami mendapatkan Anomali ( kontaminasi / product yang tidak setandar / qualitasnya rendah ), langkah yang pertama di ambil adalah melihat record atau data yang di konsum / digunakan, material apa saja yang di gunakan pada product tersebut dan di teliti satu persatu untuk di analisa. Untuk mengetahui material yang di konsum atau di gunakan kita membutuh kan data yang digunakan, jadi waktu untuk melihat data dan kode-kode tersebut membutuhkan waktu yang sangat banyak bahkan data tersebut kurang efisien karena kami harus mencari ke data-data sebelumnya.
            Dari problem atau permasalahan di atas sudah jelas bahwa dengan tidak adanya teknologi informatika pada suatu  perusahaan banyak sekali kelemahan pada suatu process produksi, beberapa kelemahannya yaitu :
-          Tidak efisien waktu ( membutuhkan waktu yang sangat banayak )
-          Tidak efisien tempat ( membutuhkan tempat/gudang yang lebih besar )
-          Biaya produksi lebih besar
-          Data kurang efisien
-          Jika ada problem atau permasalahan susah untuk di selesaikan
-          Dll.
Sedangkan pada saat sekarang ini perusahaan kami sudah menggunakan teknologi informatika yaitu SAP ( System Application and Product in data processing ), sehingga untuk merecord data atau mamasukan data sudah Otomatis dan kami hanya cukup membutuh kan alat bantu dalam bentuk scanner. Jadi semua data yang datang, diterima, transit dan konsum membutuh kan waktu yang sangat cepat hari itu barang datang dan hari itu juga barang siap di konsum karena material yang datang, diterima, di transit, dan konsum cukup kita scan dan matrial tersebut akan terecord dan terdata secara otomatis dan data tersebut akan masuk dan tersimpan di storage atau memori (tempat menyimpan data) bahkan data tersebut akan masuk pada kode-kode atau tempat data departemen masing- masing secara otomatis. Suatu saat ada problem atau kita ingin melihat data yang sudah lama kita cukup memasukan kode atau data yg kita ingin kan, semua data akan muncul secara otomatis dan lengkap.
Jadi setelah perusahaan kami menggunakan atau memanfaatkan teknologi informatika, perusahaan kami terlihat lebih maju dan memiliki nilai yang lebih, berikut beberapa dampak positif yang kami alami pada perusahaan kami :
-          Waktu atau process produksi lebih cepat hingga 500 %
-          Penyediaan tempat lebih sedikit bahkan perusahaan kami menyediakan tempat untuk perusahaan lain dalam  pembuatan material ( botol ) sehingga kami lebih menghemat biaya produksi.
-          Data yang kita miliki lebih akurat dan lengkap
-          Menghemat biaya produksi
-          Peningkatan kinerja lebih baik
-          Meningkatkan produktifitas
-          Dll.

Penutup
Keberhasilan suatu sistem informasi tergantung pada kemudahan dan pemanfaatan pemakai sistem terhadap teknologi yang ada dalam sitem karena teknologi akan membantu individu dalam menyelesaikan tugasnya. Suatu hal yang amat penting diperhatikan oleh perusahaan dalam menerapkan teknologi informasi adalah sejauh mana keberhasilan sistem tersebut membawa dampak positif dalam peningkatan kinerja baik individu maupun organisasi secara keseluruhan.
Jadi sudah jelas dan terlihat perbadaan antara perusahaan yang tidak mengguanakan atau memanfaatkan teknologi informatika dengan perusahaan yang mengguanakan atau memanfaatkan teknologi informatika. Nilai dan qualitas perusahaan lebih bagus dan lebih maju. Sehingga keunggulan bersaing dengan perusahaan lain lebih ampuh dalam memenangkan persaingan. Secara perlahan juga pergerakan komunikasi yang ada pada perusahaan mengalami perbedaan dari tatap muka menjadi komunikasi yang berbasis komputer  sehingga lebih cepat waktu, biaya dan kinerja individu.










Daftar pusaka
Haryanto (Programer frisian flag), Definisi SAP ( System Application and Product in data processing ), pada tanggal 25 Oktober 2013.
Agus Suwaryo ( Supevisor Produksi ), Pengalaman memasukan data dengan manual, pada tanggal 27 Oktober 2013.
Haristyo ( Supervesor Produksi ), Pengalaman memasukan data dengan manual, pada tanggal 27 Oktober 2013.

0 komentar:

Posting Komentar