Rabu, 18 Desember 2013

Pemanfaatan Sistem Informatika Dengan Database


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah.
Sistem informasi dan teknologi telah menjadi komponen yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis dan organisasi Teknologi informasi. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi saat ini, dimana segala kegiatan dalam kehidupan sehari-hari akan berbasis computer. Maka dalam suatu instansi Komputer merupakan bahan kebutuhan dalam menciptakan dan memperoleh serta memproses suatu sistem informasi yang setiap saat selalu berkembang. Oleh karena itu setiap orang harus mampu berupaya mengikuti arus informasi yang berkembang di dunia teknologi ini.
Pada instansi perusahaan manapun saat ini pastilah menggunakan Sistem Informasi Manajemen yaitu sebuah sistem manusia atau mesin yang terpadu (integrated), untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan.
Sistem informasi adalah sekumpulan hardware, software, brainware, dan prosedur atau aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengelola data menjadi informasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan

B. Permasalahan
Dalam hal ini, penulis akan membahas pokok-pokok penting terkait dengan bagaimana definisi, konsep, komponen-komponen, maupun fungsi dalam operasional Database serta pemanfaatannya.

C. Batasan Masalah
Dalam hal ini, penulis akan Mengimplementasikan hasil dari pengolahan data dengan menggunakan database dan di harapkan mengetahui cakupan database dan mampu mengoprasikan database dan pemanfaatannya.

D. Tujuan
Dalam hal ini bertujuan, untuk membantu instansi perusahaan mengetahui cakupan database dan mampu mengoprasikan database dan pemanfaatannya.

E. Metode
Metode yang digunakan dalam hal ini meliputi:
·      Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data yang berhubungan dengan sistem yang dibuat.
·      Mempelajari Konsep
Dengan mengambil referensi baik konsep maupun teori yang berhubungan dengan masalah yang sedang dikerjakan dari buku, e-book, ataupun website yang menunjang yaitu konsep tentang ,database, perancangan dan pembuatan database, cara membangun sebuah DBMS (Database Management System) Microsoft Access.
·      Perancangan Aplikasi
Dari data yang didapatkan, selanjutnya dilakukan analisa dan perencanaan terhadap sistem yang akan dibuat dalam hal ini yang meliputi perancangan sistem, perancangan database.
·      Pembuatan Aplikasi
Setelah perancangan aplikasi selesai dilakukan, maka rancangan tersebut diimplementasikan dalam pembuatan aplikasi. Pembuatan aplikasi meliputi pembuatan sistem, pembuatan database.
·      Pengujian dan Evaluasi
Pengujian dan evaluasi dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana sistem yang dibuat pada Proyek Akhir ini dapat berfungsi sesuai dengan proses sistem yang diharapkan.
·      Pembuatan Laporan
Membuat dokumentasi dari semua tahapan proses diatas berupa laporan yang berisi tentang dasar teori mengetahui cakupan database dan mampu mengoprasikan database dan pemanfaatannya.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Sistem
Suatu sistem pada dasarnya adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya satu dengan yang lain. Yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertantu. Secara sederhana suatu sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur komponen atau variable yang terorganisai saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain, dan terpadu. Dari devinisi ini dapat dirinci lebih lanjut pengertian sistem secara umum, yaitu:
·           Setiap sistem terdiri dari unsur-unsur.
·           Unsur-unsur tersebut merupakan bagian terpadu sistem yang bersangkutan.
·           Unsur sistem tersebut bekerja sama untuk mencapai tujuan sistem.
·           Suatu sistem merupakan bagian dari sistem lain yang saling bertergantungan.
Pengertian sistem menurut sejumlah para ahli :
Menurut Etimologiistilah sistem berasal dari bahasa yunani. Sistem yang artinya himpunan bagian atau unsur yang saling berhubungan secara teratur untuk mencapai tujuan bersama.
Menurut C.W.Churchman sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan.
Menurut L. James Havery sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
Menurut J.C.Hinggins system adalah seperangkat bagian-bagian yang berhubungan.
Dari pengertian diatas dapat saya simpulkan bahwa pengertian system adalah suatu kesatuan yang terdiri atas beberapa komponen atau elemen yang saling berhubungan atau saling terikat satu sama lain yang secara bersama mencapai tujuan-tujuan yang sama.

B.      Pengertian Database
Banyak sekali definisi tentang database yang diberikan oleh para pakar dibidang ini. Database terdiri dari dua penggalan suku kata yaitu Data dan Base yang artinya berbasis pada data, tetapi secara konseptual database diartikan sebuah koleksi atau kumpulan data yang saling berhubungan (relation), disusun menurut aturan tertentu secara logis, sehingga menghasilkan informasi dan sebuah informasi yang berdiri sendiri tidaklah dikatakan database.
Menurut Gordon C. Everest , Database adalah koleksi atau kumpulan data yang mekanis, terbagi/shared, terdefinisi secara formal dan dikontrol terpusat pada organisasi.
Menurut Toni Fabbri, Database adalah sebuah sistem file-file yang terintegrasi yang mempunyai minimal primary key untuk pengulangan data.
Menurut C.J. Date, Database adalah koleksi “data operasional” yang tersimpan dan dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi.
-          Data input adalah data yang masuk dari luar sistem
-          Data output adalah data yang dihasilkan sistem
-          Data operasional adalah data yang tersimpan pada sistem
Menurut S. Attre, Database adalah koleksi data-data yang saling
berhubungan mengenai suatu organisasi / enterprise dengan macam-macam pemakaiannya.
Sedangkan sumber-sumber lain menjelaskan Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
Database adalah reprensi kumpulan fakta yang saling berhubungan disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
Database merupakan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu pada tujuan tertentu pula.
Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisaasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu dalam komputer sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna.


C.   Konsep Dasar Database
Konsep dasar database adalah kumpulan dari catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah database memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya penjelasan ini disebut skema. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur database, ini dikenal sebagai database model atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah yaitu mewakili semua informasi dalam bentuk tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili dengan menggunakan nilai yang sama antar tabel.

D.   Komponen Database Management System (DBMS)
  • Perangkat Keras
DBMS dan program aplikasi memerlukan perangkat keras untuk menjalankannya.  Perangkat keras terdiri dari komputer pribadi, sampai ke mainframe, atau suatu jaringan komputer..
  • Perangkat Lunak
Komponen Perangkat lunak terdiri dari perangkat lunak DBMS dan program aplikasi, bersama-sama dengan sistem operasi, mencakup perangkat lunak jaringan jika DBMS digunakan pada suatu jaringan.


  • Data
Bagi user komponen paling utama DBMS adalah data. Data bertindak sebagai suatu jembatan antara komponen mesin dan komponen manusia. Database berisi data yang operasional dan meta-data.
  • Prosedur
Prosedur memuat aturan-aturan untuk mendisain dan penggunaan database. Para pemakai sistem database  memerlukan dokumentasi prosedur yang berisi cara menggunakan atau menjalankan sistem itu.
  • Personil
Komponen terakhir adalah personil yang terlibat didalam sistem

E. Pengertian Software, Hardware, dan Brainware Beserta Contohnya.
Banyak teori mengenai hardware dan software tapi bagi saya pengertiannya sebagai berikut: Hardware adalah perangkat keras dan software adalah perangkat lunak. Itu terjemahannya. Tapi penjelasan lebih tepatnya sebagai berikut:
  1. Pengertian Hardware Berserta Contohnya
Hardware/Perangkat keras adalah sebuah alat/benda yang bisa kita lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi tertentu. Secara fisik ada wujudnya dan ada bentuknya.
Hardware Komputer adalah perangkat yang secara fisik dapat di lihat dan di raba, yang membentuk suatu kesatuan, sehingga dapat di fungsikan. Berdasarkan kegunaannya, perangkat keras Komputer di golongkan ke dalam tiga bagian, yaitu : Alat Input, Alat Proses, Alat Output, dan Alat Penyimpanan.
  1. Perangkat Hardware terdiri atas 3 jenis, yaitu:
·    Perangkat masukan (Input device)
Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
·    Perangkat Keluaran (Output Device)
perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
·    Perangkat Pengolah Data (Processor)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.
  1. Macam-macam perangkat keras (hardware)
Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
·
Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU..
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.

Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data.
·
Priter merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks, gambar dan grafik.
Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik.
·   
Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik. Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.
·      
Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.
·     
Hard disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.

Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.
Flashdisk merupakan tempat penyimpanan data yang paling digemari karena kapasitasnya yang besar dan beragam selain itu ukurannya yang kecil memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana, hadirnya flashdisk telah menggantikan floppy disk yang dulu sering digunakan untuk penyimpanan data yang portable, kapasitas minimum flashdisk adalah 128mb sedangkan untuk kapasitas maksimumnya bisa mencapai 40 Gb, lebih kecil dibanding Hard disk External yang kapasitasnya bisa mencapai 1 tera bite (1000 Gb).
2.        Pengertian Software Berserta Contohnya
Sedangkan Software / perangkat lunak,  adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Software secara fisik tidak ada wujudnya. Maka tidak bisa kita sentuh, tidak bisa kita pegang namun kita dapat menjalankannya dalam sebuah sistem operasi dan Yang hanya bisa kita pegang hanya media penyimpannya saja, seperti disket, CD, dsb. Perangkat lunak memiliki fungsi tertentu juga, dan biasanya untuk mengaktifkan perangkat keras. Bisa juga dikatakan perangkat lunak bekerja di dalam perangkat keras.
Software komputer adalah kumpulan dari pada intruksi atau statement yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh komputer. Software Komputer ini berangsur-angsur mengalami peningkatan atau perubahan dari tahun ke tahun dalam perkembangannya.
  1. Sofware Komputer di bagi menjadi 3 golongan, yaitu :
1.    Sistem Operasi
·         Sistem Operasi atau Operating Sistem merupakan sebuah penghubung antara pengguna komputer dengan Hardware Komputer. Sistem Operasi mempunyai beberapa tugas, yaitu :Interface : Penghubung antara pemakai (user) dengan komputer (Hardware).
·         Resource Process : Mengelola sumber daya yang terdapat pada komputer seperti RAM dan ROM.
·         Sistem Call : Menyediakan sekumpulan layanan ke pemakai sehingga dapat mempermudah dan menyamankan pemakai dalam memamfaatkan sumber daya sistem komputer.
Contoh dari Sistem Operasi : Windows XP, Linux, DOS, Machintos, dll.
2.    Aplikasi
Aplikasi adalah suatu subkelas Software Komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.
Contohnya : Microsoft Office, Open office, Sistem Mechanic, WinASO, Driver Genius, PC Inspector File Recovery, dll.


3.    Language Software
Language Software adalah suatu bahasa pemrograman yang dapat dimengerti oleh manusia dan komputer. Language Software terbagi 2, yaitu :
  • High Level Language adalah Bahasa yang dapat dimengerti oleh manusia. Contohnya : Visual Basic, Java, Delfi, Pascal, dll.Low Level Languange adalah Bahasa yang dapat dimengerti oleh Komputer. Contohnya : Bahasa pemrograman Assembler.
Jadi untuk menjalankan software, kita memerlukan hardware. Sebaliknya hardware juga tidak ada manfaatnya tanpa adanya software yang berjalan di atasnya.
3.         Pengertian Brainware Berserta Contohnya
Brainware Komputer adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal.
a. Berdasarkan tingkat pemanfaatannya,brainware komputer dibagi dalam 4 tingkatan :
·    System Analyst
Sistem Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. System Analyst juga memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem.
Seorang system analyst harus memiliki setidaknya empat keahlian : analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang system analyst untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan membantu seorang system analyst untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Dan seorang system analyst harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang system analyst untuk mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu system analyst dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan programer, administrator dan profesi sistem lainnya.
·    Programmer
Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa Pascal, Java, dll. Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.
·    Administrator
Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.
·    Operator
Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu.
4 tingkatan di atas merupakan brainware/pengguna umum dari sebuah sistem komputer. Sebenarnya dalam bidang IT masih banyak brainware-brainware komputer lainnya seperti Teknisi, Graphic Designer, Spesialis Jaringan, dll. Namun itu semua tidak wajib harus Anda ketahui, yang wajib Anda ketahui cukup 4 tingkatan ini.
F.   Perangkat Untuk Membuat Database.
Database dapat dibuat dan diolah dengan menggunakan suatu program komputer, yaitu yang biasa disebut dengan software (perangkat lunak).Software yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) database disebut Database Management System (DBMS) atau jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia berarti “Sistem Manajemen Basis Data”.
DBMS terdiri dari dua komponen, yaitu Relational Database Management System (RDBMS) dan Overview of Database Management System (ODBMS). RDBMS meliputi Interface Drivers, SQL Engine, Transaction Engine, Relational Engine, dan Storage Engine. Sedangkan ODBMS meliputi Language Drivers,Query Engine, Transaction Engine, dan Storage Engine.

GContoh  Pemanfaatan Database pada Perusahaan Kecil
Saat ini tiap organisasi/perusahaan baik itu skala kecil, menengah maupun besar sudah menggunakan sistem informasi untuk membantu kegiatan operasionalnya. Bagi perusahaan skala menengah dan besar, mereka biasanya sudah menggunakan aplikasi berbasis pada database sehingga mempermudah dalam pencarian dan pemanfaatan informasi yang dipunyai. Dengan dukungan dana dan divisi Teknologi Informasi yang ada, perusahaan tersebut tidak sulit dalam mengembangkan sistem informasi tersebut. Sekarang bagaimana dengan perusahaan skala kecil dalam membangun database seperti itu?
Database adalah kumpulan informasi yang dapat diatur dan diakses berdasarkan struktur logik dari informasi tersebut. Dengan kata lain, berbeda dalam pencarian informasi di atas aplikasi spreadsheet dimana kita harus tahu nama file, nama sheet kemudian di kolom dan baris keberapa, baru kita bisa temukan informasi tersebut. Dengan menggunakan DBMS (Database Management System), pencarian informasi akan dapat dilakukan dengan mudah. Database Management System adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat organisasi logik dari database dan bagaimana cara mengaksesnya.
Mengapa dibutuhkan pengelolaan data? Perusahaan harus bisa memantau apa yang terjadi pada kegiatan operasional sehingga bisa mengambil langkah yang cepat dan tepat jika terjadi masalah. Misal penjualan yang cepat harus diikuti manajemen inventori yang cepat pula. Bagian keuangan juga dengan cepat bisa menghitung rugi dan laba untuk membantu manajemen dalam menentukan apakah perlu menambah produksi, membeli bahan mentah dan lain sebagainya. Langkah pertama dari perusahaan kecil dalam membuat database adalah membuat standarisasi pada seluruh data-data yang ada. Standar tadi meliputi Identifier, Naming, Definition, Integrity Rule, dan Usage Right. Kemudian menentukan jenis aplikasi DBMS apa yang sesuai untuk dipakai dalam membantu penyusunan dan pemanfaatan data-data tersebut.
Aplikasi DBMS populer yang tersedia antara lain adalah Microsoft Access atau aplikasi kategori Open Source seperti OpenOffice Base yang bisa secara didapat gratis. Aplikasi-aplikasi tersebut digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah, di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga digunakan oleh perusahaan yang cukup besar, dan juga para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Setelah database selesai dibuat, perusahaan skala kecil bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk mendukung kegiatan operasional. Kegiatan tersebut disebut Online Transaction Processing (OLTP) yang meliputi pengumpulan info, pemrosesan info, memperbaharui info. Database yang mendukung OLTP disebut Database Operasional (Operational Database)..
Setelah memanfaatkan aplikasi DBMS, langkah berikut adalah mengelola informasi. Hal ini bukan suatu pekerjaan yang mudah, meliputi siapa yang bisa melihat dan menggunakan, bagaimana mem-backup, berapa lama harus disimpan, teknologi penyimpanan yang tepat dan lain-lain. Sebagai penutup, sudah saatnya perusahaan kecil beralih dalam pengelolaan informasi yang dimiliki dengan menggunakan aplikasi DBMS, tidak lagi hanya menggunakan Spreadsheet saja. Kemudahan dalam pencarian informasi akan membantu perusahaan kecil dalam memantau kegiatan operasional dan mempermudah dalam pengambilan keputusan.

H. Database untuk Efisiensi dalam Peningkatan Bisnis
Database bagi perusahaan memiliki peran sangat signifikan, baik itu untuk pengambilan keputusan dengan bantuan DSS (Decision Support System) yang sudah terbangun, untuk memberikan Value Added bagicustomer dengan kemampuannya memberikan informasi yang akurat tepat dan uptodate, dan lain sebagainya.
Dalam hal efisiensi, perusahaan dapat dengan mudah menggunakan Database untuk mengelola informasi, menyimpan record transaksi, melacak data customer, memanipulasi data (input, update, delete), sehingga bisa menghemat banyak waktu yang berharga yang dapat digunakan untuk meningkatkan produksi perusahaan. Bayangkan saja berapa banyak waktu yang diperlukan jika melakukan itu semua secara manual?
Dengan Database memungkinkan juga bagi perusahaan untuk menyimpan data customer seperti nomor telepon, dan alamat email, yang dapat digunakan untuk memasarkan produk/menawarkan diskon dan penawaran khusus secara langsung. Dapat juga untuk membantu menjalankan CRM (Customer Relationship Management), bila perusahaan mengirim pesan Ulang Tahun kepada customer pasti mereka akan merasa penting dan dihargai. Perusahaan dapat mengetahui informasi tersebut dengan mencari data customer yang telah tersimpan di dalam Database..
 
BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri atas beberapa komponen atau elemen yang saling berhubungan atau saling terikat satu sama lain yang secara bersama mencapai tujuan-tujuan yang sama.
Basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perngkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.
Jadi untuk menjalankan software, kita memerlukan hardware. Sebaliknya hardware juga tidak ada manfaatnya tanpa adanya software yang berjalan di atasnya.
Penggunaan teknologi database didunia bisnis bermanfaat menghemat waktu dan biaya karena dengan database yang terkomputerisasi kita bisa banyak menyimpan informasi seperti mencetak, memuat, menampilkan data yang akurat, memudahkan pengaksesan data, mengisolasi data untuk di standarisasikan, mengurangi redundasi data dan inkonsistensi. Dan yang menjadi faktor pertimbangan bagi para pelaku bisnis dalam skala besar adalah apabila desain yang dibangun tidak cermat dapat menyebabkan hilangnya data yang di butuhkan, data yang tidak konsisten, proses update yang lambat dan lain-lain..


DAFTAR PUSTAKA

Damayanti, pengaruh dan manfaat teknologi database dalam dunia bisnis,di ambil dari http://damayanti.blog.binusian.org/2009/03/24/. Diakses pada tanggal 09 Oktober 2013.
David M. Kroenke, 2005, Database Processing : Dasar-dasar, Desain Dan Implementasi, penerbit: Erlangga, jakarta.
Komponen database management system, diambil dari: http://erickchristiady.blog.binusian.org/2010/10/13/ . diakses pada tanggal 09 Oktober 2013.
Pengertian sistem, di ambil dari http://id.wikipedia.org/wiki/sistem.com/ .di akses tanggal 09 Oktober 2013.
Pengertian sistem, di ambil dari http://kisaranku.blogspot.com/ .di akses tanggal 09 Oktober 2013.
Pengertian Software dan Hardware, di ambil dari http://say2revolution.wordpress.com/  .di akses tanggal 09 Oktober 2013.
Pengertian Software dan Hardware, di ambil dari http://say2revolution.wordpress.com/2012/03/19/pengertian-hardware-dan-software/ .di akses tanggal 09 Oktober 2013.
Pengertian Brainware, diambil dari http://laksamana-embun.blogspot.com/. diakses pada tanggal 09 Oktober 2013.
Pengertian Database, diambil dari http://thekicker96.wordpress.com/. diakses pada tanggal 09 Oktober 2013.
Surahyo, Pemafaatan data base pada perusahaan, Diambil dari: http://surahyo.blogspot.com/2009/03/. diakses pada tanggal 09 Oktober 2013.
Syahrullah syam, Manfaat database dalam bidang bisnis, diambil dari: http://blog-arul.blogspot.com/2011/11/. diakses pada tanggal 09 Oktober 2013.
Yuniar Supardi, 2003, Semua Bisa Menjadi: Programmer Java Basic Programming, Penerbit:Elex Media Komputindo.




0 komentar:

Posting Komentar